Skip to main content

Mola TV Siarkan Badminton Asia Team Championship 2020

Mola TV kembali menambah konten olahraganya. Terkini, lembaga penyiaran milik grup Djarum itu menayangkan Badminton Asia Team Championship (BATC) 2020.

Mola TV Siarkan Badminton Asia Team Championship 2020

Mola TV akan menayangkan turnamen ini mulai fase knock-out pada tanggal 14 Februari 2020 di saluran Mola Sports 2 di reciever Mola Matrix. Selain itu acara ini juga dapat disaksikan melalui streaming di aplikasi dan perangkat milik Mola.

Hanya Diikuti 10 Negara Karena Virus Corona

BATC 2020 akan diselenggarakan di Rizal Memorial Coliseum di Manila, Filipina. Turnamen ini diadakan selama 6 hari mulai 11 hingga 16 Februari 2020.

Sedianya turnamen ini diikuti oleh 12 negara. Namun menjangkitnya virus Corona di Tiongkok dan Hong Kong memaksa kedua negara tersebut tidak ikut berpartisipasi.

Dengan demikian ada 10 negara yang berpartisipasi, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Korea Selatan, India, Kazakhstan dan Taiwan. Seluruh negara mengirimkan tim putra dan putri, kecuali India yang hanya mengirim tim putra.

Skuad Indonesia di Badminton Asia Team Championship 2020

Tim bulutangkis Indonesia mengirimkan pasukan terbaiknya di BATC 2020. Di tim putra, pemain unggulan di sektor tunggal masih menjadi tumpuan. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik.

Sementara di sektor ganda, tiga pasangan terkuat dunia masih jadi andalan. Mereka adalah “The Minions” Markus Fernaldi Gideon – Kevin Sanjaya Sukamulyo, “The Daddies” Mohammad Ahsan – Hendra Setiawan, dan “Duo Fajri” Fajar Alfian – Muhammad Rian Ardianto.

Di tim putri, PBSI merombak sedikit formasi tunggal putrinya. Tanpa Fitriani, formasi tunggal putri diisi oleh Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, Choirunnisa, dan pemain junior Putri Kusuma Wardani.

Di sektor ganda, Siti Fadia Silva Ramadhanti – Ribka Sugiarto dan Ni Ketut Mahadewi Istarani – Tania Oktaviani Kusumah diturunkan di ajang ini. Mereka didampingi oleh duo unggulan Indonesia, Greysia Polli – Apriyani Rahayu.

Badminton Asia Team Championship, Menuju Thomas dan Uber Cup

BATC 2020 akan diselenggarakan dalam dua fase. Di fase grup, negara peserta dibagi menjadi 4 grup beranggotakan 2 hingga 3 negara. Dengan pertandingan berformat semi-round robin, Nantinya akan diambil juara dan runner-up dari masing-masing grup untuk masuk ke fase knock-out.

Di fase knock-out, 8 tim yang terpilih akan bersaing dengan sistem gugur. Nantinya akan didapat masing-masing 4 semifinalis dari tim putra dan tim putri yang melaju ke Thomas dan Uber Cup. Ajang ini akan diselenggarakan di Denmark pada 16-24 Mei 2020.

Selain itu, akan dipilih tiga negara dengan peringkat tertinggi dari seluruh dunia. Tiongkok dan Hong Kong masih berkemungkinan lolos ke Thomas dan Uber Cup jika melihat posisi poin mereka saat ini yang masih berada di peringkat 10 besar dunia.

Selain itu, poin yang terkumpul dari turnamen ini dapat digunakan sebagai modal menjelang Olimpiade 2020. Kualifikasi Olimpiade 2020 sendiri akan dilaksanakan pada bulan April mendatang.

Tidak Termasuk Ajang Resmi BWF

BATC merupakan turnamen yang dihelat oleh Badminton Asia, konfederasi bulu tangkis di bawah naungan BWF untuk wilayah Asia. Dikarenakan turnamen ini diselenggarakan di tingkat konfederasi, ia tidak termasuk dalam paket siaran BWF World Tour.

Dalam paket BWF World Tour, hanya Thomas dan Uber Cup yang termasuk dalam paket siaran tersebut. Turnamen ini diklasifikasikan oleh BWF sebagai turnamen Grade 1 yang merupakan ajang internasional. Selain Thomas dan Uber Cup, turnamen yang digolongkan ke dalam Grade 1 untuk tahun ini adalah Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Sumber: https://nawalakarsa.id/2020/02/mola-tv-badminton-asia-team-championship-2020/

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar